5 Manfaat Minum Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan

Jamu beras kencur telah lama dikenali dan dimakan oleh warga Indonesia. Ramuan tradisionil ini dipercayai bisa memberi beragam faedah kesehatan, dimulai dari tingkatkan ketahanan badan sampai menahan beberapa penyakit tertentu.

Sama dengan namanya, jamu beras kencur dibuat dari beras dan rimpang kencur yang dilumatkan bersama. Bermacam faedah yang dijajakan jamu beras kencur tidak terlepas dari nilai nutrisi ke-2 bahan itu.

Beras diantaranya memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan kalium, dan beberapa vitamin yang perlu untuk badan. Dan rimpang kencur memiliki kandungan flavonoid, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, mangan, dan zinc.

Faedah Jamu Beras Kencur

Berikut beberapa faedah jamu beras kencur yang dapat Anda alami:

1. Antikanker

Berdasar sebagian riset, kandungan dalam jamu beras kencur diperhitungkan bisa menghalangi perkembangan beragam sel kanker, seperti kanker lambung, kanker usus besar, kanker mulut, dan multiple myeloma.

2. Antiradang

Dalam penyembuhan tradisionil, jamu beras kencur dipercayai bisa menurunkan sakit di perut dan sakit gigi. Semuanya diperhitungkan karena dampak antiradang dalam kencur yang bisa menghalangi factor inflamasi.

3. Anti-oksidan

Jamu beras kencur memiliki kandungan flavonoid. Anti-oksidan ini menolong badan menantang radikal bebas sebagai penyebab beberapa penyakit, turunkan tekanan darah tinggi, sampai kurangi resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

4. Antibakteri

Menurut riset, kandungan kencur dalam jamu beras kencur bisa menantang beragam tipe bakteri pemicu penyakit, seperti bakteri Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Aspergillus niger, Bacillus subtilis, Salmonella typhi, dan Shigella flexneri.

BACA JUGA  7 Review HP Samsung Keluaran Terbaru Beserta Harganya

5. Antidiabetes

Diabetes jadi penyakit sangat membahayakan nomor 3 di Indonesia sesudah stroke dan penyakit jantung. Untuk menolong mengontrol kandungan gula darah pada tubuh, Anda dapat manfaatkan jamu beras kencur.

Dalam riset pada hewan, kencur dipercayai bisa menahan dan menyembuhkan kompleksitas akut pada pasien penyakit diabetes type 2. Triknya yakni dengan turunkan kandungan gula darah dan kurangi kekebalan insulin badan.

Tetapi, penting diingat jika beragam faedah jamu beras kencur di atas masih memerlukan riset selanjutnya, khususnya pada manusia . Maka, selalu tanyakan sama dokter saat sebelum Anda mulai konsumsi jamu beras kencur, terlebih jika Anda mempunyai keadaan klinis tertentu.

Membuat Jamu Beras Kencur di Rumah

Untuk memperoleh beragam faedah jamu beras kencur di atas, Anda dapat membuat jamu beras kencur sendiri di dalam rumah. Beberapa bahan dan langkah pembikinannya yakni:

Bahan

– 50 gr kencur, kupas
– 100 g beras
– 3 helai daun pandan
– 2,3 ltr air
– Gula aren seperlunya

Langkah membuat

– Sangrai beras sampai kekuningan
– Lumatkan beras, kencur, dan gula
– Masukan kombinasi itu dan daun pandan ke air
– Rebus sampai mendidih
– Saring
– Konsumsi jamu beras kencur sekitar 2x dalam satu hari

Walau memberi beberapa faedah untuk keadaan klinis, tetapi study ilmiah selanjutnya untuk pastikan faedah jamu beras kencur masih dibutuhkan. Jika tertarik cari info sekitar jamu beras kencur, Anda bisa konsultasi sama dokter lebih dulu saat sebelum mengawali konsumsinya.